Cara Membuat Report pada Visual Foxpro

Buat Report di visual foxpro  kali ini kita akan mecoba membuat sebuah report didalam program visual foxpro, namun sebelumnya kita harus memiliki  tabel-tabel yang sudah terisi oleh data, karena report ini akan mengambil range data yang ada pada tabel tersebut, sebetulnya artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu, program penggajian sederhana dengan foxpro. Jika kita sudah membuat program tersebut selanjutnya kita tinggal membuat reportnya saja. langsung saja kita masuk kelangkah langkah pembuatan report ini.
  • Pertama kita akan membuat sebuah relasi dari tabel yang sudah ada, yaitu dari tabel pegawai, golongan, dan juga gaji pegawai. bukalah menu data kemudian klik local views lalu klik new.

  • Selanjutanya kita akan dihadapkan dengan menu local view wizard, disini kita akan memilih fields-fields yang dibutuhkan, kemudian klik semuda tabel dan masukan ke dalam menu selected fields, dengan mengklik tanda > (lebih besar). klik next.
  • Setelah memilih fields tabel kita akan memilih relasi tabel, dengan menghubungkan primary key dengan frgein key, pertama pilih tabel golongan fields ke dua pilih tabel gaji pegawai lalu klik add, begitu pula dengan tabel golongan.
  • Setelah memilih relasi selanjutnya kita akan melakukan filter record, pilihlah filter yang sesuai dengan kebutuhan, pada report, klik next.

  • Pada tahap selanjutnya kita dihapkan pada menu sort record urutkan recort sesuai dengan yang anda butuhkan. 
  • Sampai pada tahap ini kita sudah selesai membuat sebuah relasi mapun sorting report. klik finish untu mengakhiri. Terakhir beri nama relasi tabel yang sudah kita buat tadi.

  • Selanjutnya kita akan membuat report, klik menu document, kemudian pilih report dan klik report wizard.

  • Selanjutnya akan muncul menu report wizard, pada awal kita akan memilih field field yang dibutuhkan pilihlah tabel yang sudah kita buat relasinya tadi. disini saya membuat tabel relasi dengan nama report klik report tersebut maka akan tampil field yang kita butuhkan. select field yang dibutuhkan lalu klik next.
  • Selanjutnya kita akan memilih group record, fungsi group record ini yaitu untuk mengelompokan report, disini kita akan mengelompokan report berdasarkan nama pegawai.
 
  • Pada tahap ini kita akan memilih layout, ataupun style dari report yang akan kita buat, pilihlah style yang sesuai dengan report yang ingin kita gunakan.


  • Selanjutnya klik next dan klik finish. Jika sudah selesai kita akan mendapat tampilah baru berupa report desain.
  • Desain report kembali sesuai kebutuhan, dan sesuaikan layout report. Berikut adalah hasil akhir dari report yang kita buat.
 

0 Response to "Cara Membuat Report pada Visual Foxpro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel