Cara upload web dengan Online File Manager

Cara upload web dengan online file manager - Sebelumnya kita harus memiliki website untuk diupload dan juga web hosting. Dalam membuat sebuah project website terkadang kita mengerjakankannya secara ofline, artinya tidak terhubung langsung ke server secara langsung seperti halnya yang penulis lakukan ketika membuat sebuah project, project tersebut dikerjakan dengan dengan menggunakan xampp sebagai servernya. Setelah pekerjaan kiranya sudah selesai hal lain yang harus kita lakukan yaitu melakukan upload website yang sudah kita buat tersebut. Dalam melakukan upload website kita bisa menggunakan client ftp seperti FileZilla ataupun secara langsung dengan memanfaatkan fasilitas Online file manager yang ada didalam cpanel yang kita miliki. 

Online file manager merupakan tempat penyimpanan file yang ada di server, dengan adanya online file manager ini kita bisa menage isi dari directori yang ada diserver dengan mengaksesnya melalui web browser, salah satu fasilitas yang dapat kita gunakan dengan online file manager ini kita bisa melakukan yang namanya upload, maupun download file, dengan fasilitas online file manager yang ada di dalam cpanel website kita tidak perlu repot malakukan konfigurasi ftp untuk diakses melalui ftp client seperti halnya file zila. 

Namun sedikit kekurangan mengenai online file manager ini kita tidak dapat melakukan upload file secara keseluruhan, dan harus dilakukan secara memilih satu persatu file yang akan kita upload tapi tergantung dari cpanel apa yang kita gunakan karena biasanya setiap cpanel sedikit memiliki perbedaan. 

Namun ada cara lain untuk melalukan upload file secara keseluruhan yaitu dengan cara di zip kemudian file tersebut kita exstrak. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengupload website melalui Online File Manager.
  • Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu mengkompres file website dengan menggunakan winrar dan extensi yang digunakan yaitu zip. karena beberapa cpanel harus menggunakan extension zip agar bisa diextract didalam file manager. 
Online File Manager hosting


Online File Manager hosting
  • Selanjutnya kita login ke dalam akun cpanel, kemudian pilih File manager, dan klik upload. Kemudian kita akan diarahkan ke dalam upload file cari file yang akan kita upload kemudian kita upload tunggu hingga proses upload selesai.
Online File Manager hosting

Online File Manager hosting
  •  Jika proses upload telah selesai kembalilah pada folder public html disana kita akan mendapatkan file yang sudah diupload. Langkah selanjutnya kita pilih file tersebut kemudian klik extrax. lalu muncul pop up menu yang akan mengkonfirmasi extrak, klik ok saja. berikut adalah hasil extrak file zip tersebut. 
Online File Manager hosting
  • Berikut adalah gambar porses extract file zip tersebut, pilih file akan di extract kemudian klik extract di menu pojok kiri atas, kemudian extract file. maka pekerjaan upload file dengan file manager manager pun telah selesai.
Online File Manager hosting



Online File Manager hosting

  • Jika file sudah berhasil diupload maka langkah selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi  untuk koneksi database, dan juga upload database. Proses upload ini dilakukan pada hosting dari rumah web. Jika kita menggunakan Hosting yang berbeda maka tentunya kita akan menemui sedikit perbedaan.

0 Response to "Cara upload web dengan Online File Manager"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel