Cisco Packet Tracer - Pengenalan Lembar Kerja

Lembar kerja Cisco Packet Tracer merupakan sebuah alas atau tempat yang dapat digunakan untuk merancang / membangun, penyelesaian masalah pada jaringan dan simulasi jaringan yang dilakukan oleh pengguna atau pelajar maupun instruktur dan guru.

https://padsite.blogspot.com/2019/06/pengenalan-lembar-kerja-cisco-packet.html
  1. Menu Bar
  2. Menu bar memiliki sub menu yang dapat digunakan dalam melakukan perintah-perintah yang telah disediakan seperti File, Edit, Options, View, Tools, Extensions, dan Help menu. Pada menu bar ini terdapat beberapa perintah standar seperti untuk membuka file atau Open, menyimpan file Save, Print dan Pengaturan atau preference dan perintah-perintah lainnya yang dapat di akses melalui Menu Bar.
  3. Main Tool Bar 
  4. Toolbar berisikan shorcut dari menu bar dan shorcut lainnya untuk mempercepat dalam proses kerja, seperti Copy, Paste, Undo, Redo, Zoom, Menggambar Palette dan membuat dialog perangkat secara kustom. 

  5. Common Tool Bar
  6. Common Tool Bar sama seperti halnya dengan main tool bar, hanya saja bukan berisikan perintah-perintah yang terdapat pada menu bar. Pada common tools bar ini terdiri dari Select, Move, Layout, Place Note, Delete, Inspect, Resize Shape, Add Simple PDU, dan menambahkan PDU secara komplek. 

  7. Logical/Physical Workspace dan Navigation Bar
  8. Kita dapat menampilkan lembar kerja fisik dan lembar kerja logis pada tab ini dengan mengklik toggle navigasi. Pada bar ini memperbolehkan untuk kembali pada level cluster untuk membuat New Cluster, Move Object, Set Tiled Background, dan Viewport. Pada lembar kerja fisik untuk membuat New City untuk membangun kota membuat area dengan mengklik New Building, New Closet, New Object untuk membuat object, menambahkan grid pada background, menyeting background, dan Working Closet. 

  9. Workspace
  10. Workspace merupakan lembar kerja dimana kita membuat sebuah jaringan, atau melihat hasil simulasi dan melihat informasi dan statistik. 

  11. Realtime/Simulation Bar
  12. Realtime Mode dan Simulation mode pada tabs ini kita dapat melihat kerja dari Lembar Kerja yang sedang dikerjakan dengan memilih menu toggle untuk melihat secara realtime maupun mode simulasi pada Cisco Packet Tracer. 

  13. Network Componen Box
  14. Pada Network Componen Box ini kita dapat melihat peralatan yang sedang dipilih dengan menampilkan keterangan-keterangan mengenai peralatan atau device yang aktif. 

  15. Device-Type Selection Box
  16. Pada box ini terdapat peralatan dan perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi yang tersedia pada Packet Tracer. 

  17. Device-Specific Selection Box
  18. Pada box ini akan menampilkan perangkat yang dipilih atau dapat dikatakan sebagai sub device. 

  19. User Created Packet Window
  20. User Created Packet Window berfungsi untuk mengelola paket yang tersedia pada network untuk melakukan skenari simulasi, untuk melihatnya dapat masuk pada Simulation Mode lebih detailnya.
Mode dan Lembar Kerja
Packet Tracer memiliki 2 buah lembar kerja yaitu lembar kerja logis dan fisik dan dua buah mode untuk melakukan simulasi dan secara realtime untuk melakukan konfigurasi. Kita dapat membangun sebuah jaringan dan menjalankannya secara realtime atau menggantinya pada mode simulasi.

Selain mode dan lembar kerja adapun pengaturan, pengaturan profile user, pengaturan algoritma dan menyimpan file Pkz.

0 Response to "Cisco Packet Tracer - Pengenalan Lembar Kerja "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel